Jumat, 03 Agustus 2012

Pacar sebagai kebutuhan manusia



Kebutuhan didefenisikan sebagai cerminan adanya perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan. Dan pacar saat ini seakan sudah menjadi kebutuhan mayoritas penghuni bumi yang berwawasan global.

Beberapa jenis klasifikasi kebutuhan akan pacar menurut tolak ukurnya, yaitu sebagai berikut : 

  • Kebutuhan akan pacar menurut sifatnya
Berdasarkan sifatnya, kebutuhan akan pacar dapat dikelompokkan menjadi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani/jiwa.
a)    Kebutuhan jasmani
Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang lebih banyak dirasakan secara fisik (raga) manusia. Contoh kebutuhan akan pacar yang bersifat jasmani adalah orang yang mencari pacar untuk digunakan sebagai alat untuk menyalurkan keinginan dagingnya (seks).
b)   Kebutuhan rohani/jiwa
Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang lebih banyak dirasakan oleh rohani (jiwa) manusia. Contoh kebutuhan akan pacar yang bersifat rohani adalah orang yang mencari pacar atas dasar cinta yang dititipkan Tuhan dan menjalin hubungan cinta kasih demi kemuliaan Tuhan pula.


  • Kebutuhan akan pacar menurut waktu pemenuhan
Berdasarkan waktu pemenuhan, kebutuhan akan pacar dapat dikelompokkan menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang.
a)    Kebutuhan sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pemenuhannya pada saat kebutuhan tersebut dirasakan. Contoh kebutuhan akan pacar yang termasuk kebutuhan sekarang adalah orang yang baru putus dan merasa tidak bisa melanjutkan hidup jika dirinya tidak punya pacar saat itu juga untuk membantunya move on dari sang mantan.
b)   Kebutuhan yang akan datang
Kebutuhan yang akan datang merupakan kebutuhan yang waktu pemenuhannya tidak harus sekarang melainkan di masa depan. Contoh kebutuhan akan pacar yang termasuk kebutuhan yang akan datang yaitu orang yang berpikir untuk mengejar cita-citanya di masa muda dan pada waktu ia telah berada di usia dan kehidupan yang mapan barulah berpikir tentang seorang pacar.

  • Kebutuhan akan pacar menurut sumbernya
Berdasarkan sumbernya, kebutuhan akan pacar dapat dikelompokkan menjadi kebutuhan sosial dan kebutuhan psikologis.
a)    Kebutuhan sosial
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang timbul karena pengaruh lingkungan sosial tempat seseorang hidup dan berinteraksi. Contoh kebutuhan akan pacar yang termasuk kebutuhan sosial yaitu orang yang merasa butuh pacar karena teman-teman sepergaulannya semuanya sudah punya pacar dan waktu mereka menceritakan pacar-pacar mereka orang ini hanya bisa diam karena tidak mempunyai pacar. Dan hal inilah yang membangkitkan keinginannya untuk mempunyai pacar, agar dapat terlibat dalam rumpi tentang pacar.
b)   Kebutuhan psikologis
Kebutuhan psikologi merupakan kebutuhan yang timbul murni dari pikiran nurani seseorang tanpa ada pangaruh dari lingkungan luar. Contoh kebutuhan akan pacar yang termasuk kebutuhan psikologi yaitu seseorang yang ingin memulai sebuah hubungan berpacaran karena dia merasa nyaman dan nuraninya mengatakan kalau orang yang ingin dia pacari itu adalah orang yang tepat untuk dia tanpa ada promosi dan provokasi dari pihak ketiga.


Pesan terakhir, cuma mau bilang bijaksanalah dan berhati-hatilah dalam memilih pacar untuk memenuhi kebutuhan karena sesungguhnya saat ini sedang terjadi kelangkaan orang-orang yang layak dijadikan pacar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar